Kabel komponen

Kabel komponenoutput komponen video

Beberapa minggu yang lalu saya membeli TV baru. Saat itu saya mendapat tips dari penjualnya bahwa alih-alih menggunakan kabel video ‘biasa’ lebih baik menggunakan kabel komponen untuk menyambungkan DVD Player ke TV. Katanya gambar jadi lebih bagus dan lebih murah daripada kabel HDMI.

Kebetulan (sialnya, lebih tepat), selesai saya setting TV itu, giliran DVD Player yang ngambek, padahal sebelumnya sehat-sehat saja. Kebetulan (lagi), anak saya lagi gemar-gemarnya nonton Upin & Ipin. Setiap kali dia melihat TV hidup, Upin & Ipin harus berada di sana. DVD Player-lah yang menyediakan kebutuhan itu. Jadilah saya harus mencari DVD Player juga keesokan harinya.

Saya teringat sebuah DVD Player ‘berteknologi Korea’ yang katanya mampu membaca CD tergores sekalipun. Tapi sesampai di tempatnya saya malah tergoda melihat toko yang biasa menjual barang-barang Cina, dan benar saja di sana ada DVD Player yang harganya 200 ribu kurang sedikit, separo dari yang ‘berteknologi Korea’ tadi. Saya perhatikan setidaknya ada 3 merk berbeda yang jika diperhatikan dengan seksama sama saja. Nah, di situ saya juga menanyakan soal kabel komponen. Tapi berbeda dengan si penjual TV, di sini dijawab hanya menambah kualitas sekitar 20% saja, mending pake HDMI katanya. Tapi DVD Player yg saya beli tidak memiliki output HDMI. Saya sempat melihat harga kabel komponen 100 ribu kurang sedikit (saya pakai istilah ini karena label suka menipu kita dengan angka 9-nya). Bah, masak harga kabel separo harga player-nya.

Perburuan kabel komponen menemui hasilnya minggu berikutnya di sebuah toko retail besar. Harganya 30 ribu kurang sedikit. Kabel komponen memang jarang dipakai karena beberapa faktor. Pertama, kabel yang disertakan player biasanya hanya seikat kabel RCA berwarna merah, putih dan kuning. Video memakai kabel kuning. Kedua, tidak mau repot. Seutas kabel video kuning tentu lebih praktis daripada memakai 3 utas kabel komponen. Ketiga, TV lama tidak menyediakan input komponen video.

Kabel komponen biasanya terdiri dari 3 utas kabel yang (ujungnya) berwarna merah, hijau dan biru. Berbeda dengan kabel video kuning yang mentransfer sinyal video utuh, kabel komponen mentransfer komponen video. Umumnya berformat YUV (atau YPbPr/YCbCr), tapi bisa berformat RGB atau SoG. Format YUV memisahkan video ke dalam komponen gambar hitam putih dan warna. Meskipun awalnya digunakan untuk menambahkan warna pada industri televisi yang sudah ada (hitam-putih), sengaja atau tidak format ini sesuai dengan mata kita yang mempunyai sel silinder dan kerucut yang mempunyai tugas berbeda dalam menangkap gelap-terang dan warna. Video DVD juga dikodekan dalam format YUV ini. Dengan kabel komponen, TV akan mendapat sinyal video yang lebih kaya yang akan meningkatkan kualitas gambar.

Ternyata kabel komponen sebenarnya merupakan kabel RCA biasa seperti yang biasa disertakan saat membeli player (merah-putih-kuning). Jadi sebenarnya saya tidak perlu membeli kabel lagi, cukup menggunakan kabel player lama. Hanya saja, saya perlu mengingat jika kabel kuning saya colokkan ke colokan biru, ujung satunya pun begitu, bukan masuk ke colokan hijau. Juga, kabel komponen hanya mentransfer video, artinya colokan audio (merah-putih) tetap harus dihubungkan dengan kabel audio. Sedikit repot memang, karena hubungan yang biasa terdiri dari 3 kabel audio-video (kuning-merah-putih) sekarang menjadi 5 kabel (merah-hijau-biru-merah-putih).

Kabel komponen sebenarnya juga mampu mentransfer data video High Definition. Namun karena muncul HDMI, tidak banyak DVD player yang mengeluarkan video HD melalui kabel komponen. Lagi pula format video DVD memang belum HD. Blu-Ray sudah HD, tapi belum banyak film beredar dalam format tersebut.

Gambar : Wikipedia

45 pemikiran pada “Kabel komponen

  1. Trima kasih infonya. sy cmn pnasaran, bgaimana klo dgn TV lama? apakah artinya tdk ada harapan dan kemungkinan untuk bisa memkai 5 kabel komponen terbaru? sy msih mnyimpan tv lama saya, dia hnya pkny tmpt wrna kuning dan putih.tp d blakang tv ada 4 lubang lg.. bisa d gunakan kah? klo anda ada info tolong segera britahu saya. sy ingin memanfaatkan tv lama sy lg. tks sebelumnya.

    1. Untuk TV lama (CRT/tabung) sepertinya kurang dapat memanfaatkan ‘keunggulan’ dari kabel komponen. Saya tidak tahu apakah 4 lubang dibelakang TV Anda merupakan lubang untuk kabel komponen. Seperti gambar di atas atau tidak?
      Jika iya, berarti TV Anda dapat menggunakan kabel komponen. Tapi perlu diingat bahwa CRT umumnya tidak dapat melakukan ‘progressive scan’, sehingga mungkin justru gambar tidak muncul. Atur DVD Player menggunakan ‘Interlace’ (biasanya sudah default, sudah setting dari pabrik jika belum pernah diubah)
      Jika tidak, Anda terpaksa harus menggunakan kabel komposit (kabel berujung kuning). Kabel ini mengirimkan sinyal persis seperti sinyal dari Stasiun TV. Anda tetap dapat menyetel DVD (bahkan Bluray) dengan menggunakan kabel ini untuk TV lama Anda. Gambar tidak jelek kok, masih lebih bagus dari rata-rata siaran tv teresterial :)

  2. mas, beli kabelnya dimana kok cuma 30 ribu. saya pake kabel av untuk ganti (sementara) kabel video komponen

  3. Pak mau tanya gerai yg jual barang2 cina itu dimana yah? Gloko bukan? Sya mau beli kabel komponent, tapi mahal yah… Secara dvdnya aja cm 160rb…

  4. betul pak, kalo bisa no telp tokonya, saya di daerah, biar saya bisa order lalu dikirim ke tempat saya. Atau bisa sekalian minta dibelikan? He he, nanti harga + ongkos kirim saya ganti. Thx

    1. coba pak cari di c*rref0ur ato g14nt… saya kira sudah banyak di daerah.. ada di bagian kabel2 audio video.. untuk no telp dan kiriman barang saya tidak bisa bantu.. maaf..

  5. Maaf, tolong tanya. Kalau begitu apa perbedaan secara signifikannya antara:

    *Kabel komponen yang mahal (ratusan ribu)
    *Kabel komponen dengan menggunakan RCAx2 (atau sesuai kebutuhan)

    Kalau memang tidak ada perbedaan, berarti semua orang ketipu dengan kabel komponen yang mahal ya?

    Saya berencana mencari kabel komponen soalnya =]
    Thx sebelumnya..

    1. Kalo kabel komponen dengan RCA, pernah saya coba dan saya ga lihat bedanya. Cuma repot karena warna kabel dengan colokan beda, harus hati2 biar ga salah colok.

      Untuk kabel mahal dan murah biasanya terletak pada bahan kabel. Kabel yang mahal (seharusnya) mempunyai hambatan kecil, sehingga tidak ada perubahan signifikan sinyal yg dialirkan dari ujung ke ujung. Ada kabel berserat emas, karena hambatan emas terhadap listrik sangat kecil. Yg ini harganya mgkn ga dihitung per meter tapi per gram :)

      Ga usah kabel komponen, earphone/headphone saja beda harganya bisa sangat jauh.. :D

  6. Kalau disimpulkan berarti tidak perlu beli kabel komponen?
    Saya berencana beli karena juga disarankan pakai kabel itu untuk TV LCD.
    Terima kasih sebelumnya

    1. tergantung maksudnya ‘tidak perlu beli’ :)
      kalo tidak perlu beli karena punya kabel RCA nganggur ya tidak apa-apa, tapi kalo punya TV LCD apalagi yang ukurannya besar tidak menggunakan komponen, saya pikir akan rugi… :)

  7. Wah trima kasih banyak pak infonya bermanfaat sekali, kebetulan saya ada tv lcd yg rencana mau pakai fasilitas video component karena pertimbangan jumlah AV in nya hanya 2 sedangkan inputnya ada 3, repot cabut pasang RCA. Di Hy*3rma*t harga kabel component 99rb, mending pakai RCA yg kwalitas bagus ya harga murmer.. :D

  8. Mo tanya pak.. Sy br pakai tv LED naah kabel bawaan tv (rca-nya dipake u/tv digital ind0vi510n), smentara anak pgnnya nyalain dvd terus. Koneksi di tv nya smua hdmi smntara dvdnya msh pk format komponen. Sy beli sambungan hdmi to rca,tapi ko tv nya ga mau mndeteksi?apa saya salah nyambung masuk k dvdnya y? Audio merah putih sdh masuk, sisa kabel merah biru hijau bingung masukin kemana…..

    1. kalo DVD support komponen mestinya ada colokan merah hijau biru, kalo nggak berarti cuma support composite saja.. (colokan kuning)
      mungkin lebih praktis mengganti dvd playernya, krn skrg ada dvd player hdmi 400 ribuan…

  9. pakde mau nanya…hehehe…
    sy pake dvd kok tampilannya hitam putih
    terus mau tanya apa fungsi” kabel yg merah,putih,kuning,biru dan ijo
    saya punyanya yg putih,merah,kuning tp kok ga berwarna yaa?

    sebelumnya TQ

    1. Kabel RCA : merah-putih-> audio, kuning ->video
      Kabel Komponen : merah-hijau-biru ->video, perlu tambahan kabel merah-putih untuk audio, jadi kabel ada 5 (merah-hijau-biru + merah-putih)

      mudahnya colokkan ujung kabel sesuai warnanya, merah ke merah, kuning ke kuning dst…

  10. Saya juga mengalami nasib yg serupa sepertinya.
    Sy baru dapet hadiah TV plasma samsung dari acara Family day kantor kemarin. Setelah saya coba di rumah, ternyata cuma tersedia satu slot yg bisa pakai kabel RCA stabdard (merah-putih-kuning), slot yg lain ada untuk komponen, HDMI dan PC, USB… Satu slot RCA yg tersedia sudah terpakai untuk indovision.. Problemnya, anak saya sedang hobi2nya sekarang nonton DVD barney-upin ipin, dll…
    Saya coba sambungkan dari DVD dengan clot RCA standard ke TV dengan Slot komponen dan menggunakan kabel RCA standard, hasilnya… Gambar keluar tapi tidak berwarna..
    Bagaimana solusi nya ya pak ?
    Apa ga ada cara lain selain harus membeli DVD player baru ? hehehe…

    1. kalo dari DVD player hanya ada RCA, maka video hanya dikirim melalui kabel kuning, sehingga jika kabel kuning dicolokkan ke colokan hijau (Y) akan keluar gambar tapi hitam-putih karena komponen warnanya tidak ada (kabel merah-biru)

  11. Saya punya pertanyaan:baru saya beli kabel video komponen (biru hijau merah) karena tv led saya hanya punya 2sambungan av, sedang kalo pakai hdmi, dvd blm support. Masalahnya adalah dvd saya jadi berwarna hitam putih, sdh saya cek apakah benar pemasangnya, ternyata benar, tp tetap hitam putih( mmg gambar lbh tajam). Nah tolong saya, terima kasih

    1. kalo kabel merah masuk ke colokan merah, baik di dvd player maupun tv, demikian pula kabel hijau-biru, harusnya tidak ada masalah.
      yang masalah jika merah dipaksa ke colokan kuning dsb…

  12. tolong pencerahannya p. saya coba colokan kabek kompunen receiver parabola ke tv, ternyata tidak keluar gambar. yg saya tanyakan adalah apakah komponen untuk dvd player dan game (ps) saja, tidak bisa di pakai untuk vidio satelit atw pay tv? mohon pencerahanya trims.

    1. maaf saya tidak punya pengalaman di sini, tapi seharusnya tidak masalah jika receiver parabola dan tv-nya sama-sama support komponen… (masing2 punya colokan merah-hijau-biru)
      atau mungkin perlu dicocokkan antara format yg dikeluarkan oleh receiver parabola dengan tv (YUV, RGB atau lainnya, biasanya disebutkan di buku manual)

  13. maaf mau tanya, saya beli DVD hanya ada HDMI out to TV dan Coaxial, padahal TV saya tidak ada input HDMI, apakah ada solusi, daripada saya jual DVD saya. Kebetulan saya ada Kabel HDMI 5 way RCA, saya connect HDMI di DVD dan Component ke TV, namun gambar dan suara tidak keluar dari TV. Mohon bantuannya…

    1. maaf saya tidak punya pengalaman dengan kabel hdmi ke RCA…
      HDMI pake sinyal digital, sedangkan RCA/komponen pake analog, sehingga potensi untuk error besar…

  14. Pak please help,aq baru beli dvd lg home theater 5.1tp sayangnya ga ada hdmi out nya,cuma component cable port aja, tv q lcd port av cuma satu dan ud kepake bwt tv kabel, nah input di lcd tv lainnya hdmi,s-video,&rgb,mohn solusinya biar aq bisa liat tv kabel sekaligus dvd tanpa harus cabut2 kabel dulu :( , apakah saya cukup beli kabel komponen atau saya perlu beli kabel rca-hdmi? dan apabila memungkinkan mohon tips agar tv kabelnya suaranya bisa keluar lewat home theather….Mohon pencerahannya.thx :)

    1. agak susah memang…salah satu solusinya sih pake kabel RCA-HDMI, tapi banyak yang kurang sukses karena secara prinsip sudah beda, HDMI pake digital sedang RCA analog…

  15. ada gak kabel dari component ke rca “kuning”.. soalnya reciver ku hanya meyediakan merah putih (audio) kuning video,,, sedangkan tv lcd hanya menyediakan merah biru hijau + merah putih untuk audionya… jadi saya mencari kabel ujungnya merah putih kuning dan ujung satunya merah putih dan pengganti kuniing merah biru hijau… trims atas infonya

    1. maaf, saya tidak tau ttg keberadaan kabel itu…
      umumnya tv punya colokan kuning (kecuali kalo sudah terpakai) atau ada tv yang kabel kuningnya dicolokkan ke colokan merah, lalu diubah di settingnya untuk menerima sinyal video utuh (kalo tidak gambar jadi hitam-putih)

    1. agak susah… ada kabel konverter dari HDMI ke RCA dan sebaliknya…tapi berdasar pengalaman orang-orang, sering tidak berhasil karena HDMI pake digital sedang RCA analog

  16. Maaaf mau nanya juga nih, aku baru beli tv baru, di DVD ada colokan merah-kuning-putih.padahal di tv adanya warna (urut dari paling atas) hijau, biru, merah, putih, merah. Itu gmn yaa? Tolong pencerahanya?, sama colokinya kemana yaaa? Harap di Tolong

    1. Yang merah-putih di DVD bisa dicolokkan ke merah-putih di TV (biasanya ada tulisan Audio atau L-R ), tapi yang kuning (video) harus dicarikan colokan kuning juga :D bisa dipaksa ke colokan hijau (Y) tapi jadinya tidak berwarna. Coba di lihat di manual TV tentang composite video (bukan component!) mungkin colokan diberi warna lain pada TV Anda.

      1. Pak de…
        Mau nanya…saya baru beli tv led samsung series 5. Dan saya gunakan parabola digital.
        Kabel output parabolanya merah kuning putih. Tapi warna yang keluar di tv kok hitam putih..itu kenapa ya pak de?
        Tolong penjelasannya..

  17. Pak, sy agak “kabur” dengan penjelasan kalo bukan kasus saya…hehehe….sorry suka Lalod.\
    Kalo saya masalahnya DVD player sy cuma ada HDMI dan Component, sedangkan TV sy masih CRT yang hanya ada RCA, sy udah konek di TV ke kuning dan di DVD ke yg ada tulisan “Y” gambarnya keluar tapi tidak warna, mohon pencerahannya pak, terima kasih atas bantuannya, GBU

  18. saya punya tv led 22”inci merek lg. tp tidak mempunyai lubang vga atau pun hdmi.
    gimana supaya bisa digunakan buat monitor pc pda computer

  19. DVD player saya LG yg Blu-Ray tapi Tv saya masih tabung Pearl black 29″. Output DVD HDMI juga Video RCA (cuman kuning) yang merah dan putih malah untuk IN. sementara di tv ngga ada HDMI, cuman RCA (kuning-merah-putih) dan component RCA (hijau-biru-merah). sudah saya belikan kabel hdmi ke rca hijau biru merah kok tetap ngga keluar video dan suaranya ya ? mohon saran secepatnya. makasih

  20. pas gugling nemu tulisan anda, masalahnya sama dengan yang di atas-atas sebelumnya……saya mau coba kabel komponen pake kabel rca seperti yang disarankan…..tinggal nambah dua kabel lagi untuk audionya……terima kasih

  21. pak mau tanya,tv led toshiba saya untuk hdmi dan komponentnya tak berfungsi(Rusak),tp video out putnya bagus
    pertanyaan sy:gimana cara supaya video out put bisa menjadi kabel component.Balas

  22. Maaf mas mau nanya…ini mau nyambungin proyektor ke tv..tp tv nya gak ada video out nya…apa ada cara lain untuk nymbungin.?kalau ada pake kabel yg kyk gmna?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s