Mengemudi maksimal 4 jam

Ada suatu pengalaman unik waktu saya melakukan perjalanan darat dari Paris ke Amsterdam menggunakan bus umum. Sewaktu akan berjalan, pilot sopir mengingatkan penumpang untuk menggunakan sabuk pengaman melalui loudspeaker. Ya, sabuk pengaman yang di Indonesia baru diwajibkan untuk pengendara dan penumpang mobil yang duduk disamping sopir, di sana diwajibkan untuk seluruh penumpang bus umum jarak jauh, tidak hanya mobil pribadi.

Perjalanan kami seharusnya selama 8 jam, berangkat pukul 10.00 dan dijadwalkan tiba pukul 18.00. Sebuah perjalanan melalui 3 negara yang dapat ditempuh kurang dari waktu perjalanan naik bus Jakarta-Jogja😀 . Etape pertama perjalanan dilalui cukup lancar. Meski mendung tebal selalu mengiringi perjalanan dengan sekali2 hujan lumayan deras. Jalan yang dilalui mirip jalan tol, tapi setau saya tidak membayar. Ada teman lain yang pernah melalui jalan benar-benar tol alias membayar, tapi setahu saya tidak dengan yang saya lalui. Di Belanda, jalan antar kota juga seperti jalan tol. Yang namanya jalan antar kota tidak bersimpangan dengan jalan dalam kota. Maksud saya seperti tol Jakarta-Cikampek, kalau mau ke Bekasi ada pintu keluarnya, tapi jalan tol tidak bersimpangan sejajar dengan jalan non tol. Wuih, teknis sekali bahasanya. Ya, tinggal gantikan kata “tol” dengan “jalan antar kota” dan “non tol” dengan “jalan dalam kota” pada kalimat tersebut. Heran juga saya, negara yang tidak terlalu besar itu bisa mencari lahan untuk jalan antar kotanya sehingga tidak melalui langsung kota2nya, tidak seperti di sini yang jalan antar kotanya merupakan penghubung antar kota. Bedanya dimana? Kalau dari Jakarta ke Surabaya, ibaratnya kita tidak perlu masuk ke kota-kota di antaranya, sehingga ketemu kemacetan dalam kota, pasar tumpah, banyak traffic light, dan sebagainya. Nanti kita akan begitu sih, tapi menggunakan tol.

Pukul 14.00 lebih sedikit, kita sampai di sebuah tempat. Saya lupa apakah itu masih di Perancis atau sudah masuk Belgia. Maklum, sesama anggota Uni Eropa itu borderless. Tidak ada yang namanya portal atau apapun untuk pemeriksaan paspor, barang bawaan atau apapun di batas negara. Batas negaranya saja ga jelas, ga pake gapura selamat datang seperti kalau kita masuk suatu kabupaten di sini. Di tempat tersebut, sopir diganti. Sopir berpakaian rapi seperti pilot lengkap dengan tas koper beroda. Ya, setelah 4 jam sopir diganti.

Di paruh perjalanan kedua, cuaca memburuk. Bus berjalan lebih pelan karena derasnya hujan yang menutup pandangan. Akibatnya pukul 18.00 kita belum sampai Amsterdam. Sopir lalu berbicara melalui speaker. Pertama dia meminta maaf karena masalah cuaca yang menyebabkan keterlambatan. Kedua, dia mengumumkan bahwa dia harus beristirahat selama 45 menit sesuai dengan peraturan. Dia juga mengumumkan bahwa jarak tempat itu dengan Amsterdam sekitar 30 menit. Ya, jika di sini sopir mungkin akan meneruskan perjalanannya. Toh tinggal 30 menit lagi, habis itu dia bisa bebas istirahat sampai besok pagi. Tapi ini tidak, menurut peraturan lama maksimum berkendara adalah 4 jam dan sopir mematuhi. Seandainya dia ‘bandel’ pukul 18.30 sudah sampai Amsterdam, sedangkan kalo ikut peraturan pukul 19.15 baru sampai. Tetapi dia memilih untuk ikut peraturan sehingga kemudian mencari semacam SPBU terdekat untuk beristirahat. Jangan dikira semua penumpang memaklumi. Banyak juga yang nggrundel dan komplain tapi sopir berkata bahwa dia ga bisa apa-apa karena peraturannya begitu. Saya dan teman saya yang penasaran, apakah memang tempat itu tinggal setengah jam dari Amsterdam atau sebenarnya masih agak jauh, menanyakan pada pelayan minimarket di area SPBU. Dan dijawab, jaraknya sekitar 25 sampai 35 menit ke Amsterdam😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s