Kopi

Suatu hari saya naik kereta dari Bandung menuju Jogja. Sengaja saya memilih kereta siang agar bisa menikmati pemandangan. Di samping saya, duduk seorang Bule turis backpacker asal Spanyol. Sehabis makan siang dia memesan kopi. Dia bilang itu ritualnya setelah makan biar perutnya enak. Tidak berapa lama datanglah segelas besar kopi hitam yang dipesannya. Dia terkejut,mungkin yang diharapkan “hanya” secangkir kopi. Diminum sedikit lalu diletakkan ke meja kecil sebelah jendela.

Kemudian dia bertanya,”Kenapa di Jawa ini tidak ada budaya kopi?” Saya gelagapan. Budaya minum kopi secara umum masih kalah dengan budaya minum teh. Yang menemani sarapan dan cemilan sore hari umumnya teh. Dan saya yakin maksud pertanyaannya lebih dari itu. Kalo di sini ada yang “berbudaya minum kopi”, yang diminum capuccino atau espresso, hasil budaya Italiano. Kebanyakan orang minum kopi hitam atau kopi tubruk, yang hanya kopi diseduh air panas, biar ga pahit ditambah gula. Kok rasa-rasanya kurang nilai “budaya”-nya. Kopi susu agak rancu dengan espresso, entah siapa yang duluan. Mungkin hasil “budaya” kita malah coffemix(kopi campur – tidak bermaksud menyebut merk), campuran kopi+krimer+gula namun tidak berbusa seperti capuccino.

Pertanyaan 3-4 tahun lalu itu masih menggelitik saya sampai sekarang. Kopi sering disebut java dalam bahasa Inggris seperti kata china untuk keramik. Mungkin bayangan Bule tadi, ketika dia berada di Java dia akan berada ditengah-tengah java(kopi). Bahkan kalo kita pergi ke toko-toko, yang ada adalah Kopi Aceh, Kopi Deli, Kopi Lampung, Kopi Toraja, Kopi Manggarai dan sebagainya. Saya belum pernah ketemu Kopi Jawa. Mungkin hanya saya saja yang kurang pengetahuan. Kenapa demikian ya? Apa karena dulu yang minum para Bule Kolonial sedang nenek moyang kita hanya jadi pekerja saja?

Tinggalkan Balasan

