Prosesor, RAM dan media penyimpanan

Banyak yang bingung antara fungsi prosesor, RAM dan media penyimpanan (harddisk, SSD, Memory Card), sehingga ketika akan melakukan upgrade bingung mana yang lebih diutamakan untuk diupgrade.

Fungsi ketiganya dapat diumpamakan seperti ini:
Bayangkan Anda mempunyai meja kerja dan lemari berkas. Anda harus mengerjakan pekerjaan di meja kerja, sehingga harus mencari berkas di lemari, lalu dibawa ke meja Anda. Karena besar meja Anda terbatas, maka selesai mengerjakan suatu berkas, Anda harus mengembalikan ke lemari lalu mengambil berkas yang lain untuk dikerjakan di meja kerja. Semakin besar lemari, semakin banyak berkas yang bisa Anda tampung. Kalau meja kerja Anda besar, mungkin bisa mengambil dua atau tiga berkas sekaligus. Setelah selesai dikerjakan semua baru dikembalikan ke lemari berkas sehingga menghemat waktu dan tenaga bolak-balik ke lemari berkas.

Di komputer (juga handphone), Anda adalah prosesor, meja Anda adalah RAM, dan lemari berkas adalah media penyimpanan (storage). Kecepatan mengerjakan tentu tergantung pada Anda, tapi kalau harus bolak-balik ke lemari (karena meja Anda kecil) tentu akan lama juga. Belum lagi kalau ternyata di lemari tidak ada berkasnya😀

Dengan analogi itu, Anda dapat membayangkan bagian mana yang perlu Anda upgrade untuk mempercepat komputer Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s