Price tag

Di Indonesia, produsen sering ‘menipu’ konsumen dengan menggunakan packaging yang tidak standar. Misalnya sabun cair refill Produk A terlihat lebih murah, padahal isinya 400 ml, sedangkan yang lain 450 ml, sehingga sebenarnya Produk A lebih mahal per ml. Demikian pula tissue merk B, terlihat lebih murah padahal isinya hanya 200 sheets, sedangkan yang lain 250 sheets.

Nah, di Belanda hal ini tidak terjadi. Setidaknya saya menemukan di beberapa mini market bahwa di setiap price tag dicantumkan juga harga per satuan terendahnya. Jadi misal untuk kasus di atas, tertulis pula harga per ml atau per sheet, sehingga konsumen akan lebih mudah membandingkan. Hal ini tentu lebih fair sehingga produsen perlu mengedepankan kualitas daripada menipu kuantitas. Saya tidak tahu ini kebijakan mini market atau ada peraturan dari negara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s