Liku-liku menginstal LG PC Suite

Beberapa bulan yang lalu, saya membelikan Hp LG KU380 buat istri. Hp yang murah meriah namun sudah 3G.

Mang kenapa kalo 3G? Biar gagah?

Sama sekali bukan. Waktu itu istri terpisah jauh, jadi sebagai obat kangen ya pakai video call. Lagi pula operator yang saya pakai tidak membedakan tarif voice atau video call, sehingga meskipun memakai video call tetap saja terkena tarif promo.

Saya tidak akan menceritakan kehidupan berbangsa dan bernegara LDR saya, tapi tentang LG PC Suite. Ketika akan saya instal di laptop, muncul pesan kesalahan ’CRC Redundancy Error’. Begitupun ketika saya mencoba mengcopy filenya. Sempat marah juga, masak CD bawaan pabrik yang belum pernah dipakai error. Apa LG tidak mengecek produknya?

Saya lalu ingat, CDROM Drive laptop memang sering tidak seperkasa desktop. Mungkin karena harus hemat tempat dan energi. Maka saya bawa CD ke kantor untuk dibaca di desktop, dan berhasil. Isinya lalu saya tuangkan ke dalam flashdisk. Sebagai informasi, CD driver tersebut berformat kecil (3,5 inch) bukan yang 5,25 inch seperti biasa.

Sesampai di rumah, saya instal dan ternyata tidak berjalan mulus. Di tengah instalasi muncul pesan ’Fatal error -5011: 0x8000ffff…’. Saya coba berkali-kali tetap saja begitu, padahal sudah saya coba di komputer kantor baik-baik saja. Bahkan mungkin untuk mencegah saya terus mengulanginya, program mengeluarkan pesan menyeramkan ’catastrophic error’😀 .

Setelah bertanya Google, saya mendapati bahwa error tersebut bukan kesalahan program tapi pada instalernya. Berbagai program telah mengalami error serupa saat diinstal dan tidak ada solusi yang jelas dari para vendornya dan forum-forum penggunanya. Saya menyimpulkan bahwa error ini terjadi pada komputer yang tidak beruntung. Maksud saya, masing-masing komputer mempunyai perbedaan pada software yang diinstalnya. Nah, dari sekian banyak instalasi itu, mungkin ada yang konflik dengan instaler yang akan diinstal. Itulah mengapa diinstal di suatu komputer bisa, di komputer lain tidak.

Sebagai langkah putus asa, saya copy folder ’LG PC Suite 2’ di Program Files dari komputer kantor, juga folder ’{993960EE-CA4D- …’ di folder Program Files\InstallShield … . Folder ’{993960EE-CA4D- …’ merupakan folder instalasi dari LG PC Suite. Setelah saya copy di laptop sesuai tempatnya masing-masing, saya jalankan lagi instalernya, dan berhasil dengan mulus🙂 . (‘‘ artinya saya malas menulis lengkapnya)

Namun rupanya LG PC Suite tak semudah SonyEricsson PC Suite. Jika SE PC Suite mampu mendeteksi setting internet di Hp, tidak demikian dengan LG. Kita harus membuat profile-nya terlebih dulu, artinya Anda harus melihat setting manual operator Anda, terutama soal APN, username dan password. Sedangkan untuk kolom Call Number diisi *99# atau *99***1#. Saya memakai *99#.

Masih ada satu hal lagi, jika kita menghubungkan komputer dan Hp dengan kabel USB menggunakan Connection Wizard, Hp (saya) akan terdeteksi sebagai KU380, yang memang merupakan model Hp tersebut. Anehnya, Message Manager hanya akan menampilkan pilihan Email saja. Artinya Anda tidak dapat membaca, mengirim atau membackup SMS di Hp. Pilihan SMS hanya muncul jika LG PC Suite mendeteksi Hp sebagai U380 (tidak pakai K). Konon ini dapat terjadi jika dikoneksikan dengan bluetooth, akan ada pilihan apakah Hp Anda KU380 atau U380.

Tapi tenang, Anda masih bisa mengakalinya. Masuk ke folder C:\Program Files\LG PC Suite 2\Common, lalu edit file Conninfo.ini . Ganti parameter CONN_PHONE=KU380 menjadi CONN_PHONE=U380. Yang menyebalkan Conninfo.ini juga memasukkan parameter COM, sehingga jika tidak ingin mengedit-edit lagi, gunakan colokan USB yang sama untuk konek (jangan pindah-pindah colokan). Konon hal ini juga menimpa Hp yang lebih mahal canggih seperti KU990 (Viewty). Solusinya pun sama, ganti menjadi U990. Aneh ya?

32 tanggapan untuk “Liku-liku menginstal LG PC Suite”

    1. Buka LG PC Suite, Klik koneksi internet, klik setting, add profile, lalu isikan APN, username dan password sesuai dengan operator yang dipakai. Bisa dicari di situs resmi operator atau situs lain yang menjelaskan setting internet secara manual, misalnya di sini.

      Hubungkan Hp dengan komputer pakai kabel USB atau Bluetooth. Lalu klik tombol Connect di LG PC Suite. Jadi….🙂

  1. saya tertarik kisah LDR-nya sebenarnya mas..
    kalo Hape-nya mah, cukup pake N9300 aja lah.. nggak ada duit buat beli yang 3G-3G nan gitu..
    kayak gitu…

    3gp terbaru ada mas?

  2. hp dan laptop saya bisa rukun pake kabel usb. tapi kenapa ya, pake bluetooth mereka kurang mesra, gitu. putus sambung putus sambung. akhirnya ya percuma saja ada gigi biru itu.. tapi gakpapa ding, katanya kalo gigi biru lebih boros batre yak?

    1. Kalo lewat udara ya gitu Mpok, wifi, gprs, dll juga mengalami nasib yang serupa.
      Pake Bluetooth emang lebih boros, kalo pake kabel USB malah bisa ngecharge batere hp.

  3. bs ga klo lg 380 pngen sms tp bkn d hp tp d pc lwt usb. sy udh coba tapi g bs melulu, tadinya sich pengen gde az..

  4. Makasih mas informasinya…
    Ini yang saya cari2 dari dulu…

    Kirain PC Suite saya yang error,yang nggak bisa narik sms dari HP ke PC

  5. Mas, kok saya coba merubah conninfo.ini tapi dengan USB tetap terdetect KU380 ya? apa harus pakai bluetooth? masalahnya layrku tiba2 blank makanya saya coba tipsnya agar bisa membuka SMS yang ada hi HP. Any suggestion?
    Thanks

    1. Mungkin karena pindah colokan USB?
      Masing-masing colokan (port) USB memiliki nomor tersendiri, LG PC Suite mengubah dan menyimpan lagi Conninfo.ini, jadi memang harus berkali-kali edit. Kalo saya, saya simpan conninfo hasil edit, lalu saya timpakan setiap kali conninfo.ini berubah. Repot memang😆

  6. OM,saya mau tanya,,hpe saya LG Viewty,,emang waktu konek tulisannya U990,bwt saya its no problem,,cuman pas mau internet pake LG viewty saya bingung setingnya,,bisa bntu ga?di isi apa aja?
    nomer saya IM3…kira2 bisa pake 3G g?trus di setingnya kan ada country,,,sedangkan indonesia ga ada,,operator,,indosat juga ga ada,,klo pke PC suite nya Nokia kan tinggal klik2,,klo ini kok susah ya,,intinya,,,seting parameter buat internetan pake LG PC suite via hpe sebagai modem gimana?hhe thanks before om…

    1. Yup, setuju, LG PC Suite memang sangat rumit. Setelah masuk ke LG PC Suite, cari tombol Internet Kit. Setelah itu klik ‘Setting’, lalu ‘New’.
      Country=others
      Network Provider=others
      Call Type= 3G-PS (setahu saya IM3 mendukung 3G, kalo belum, coba aktivasi 3Gnya)
      Profile=(terserah, misalnya IM3ku)
      Call Number diisi *99# atau *99***1#. Saya memakai *99#.
      APN, username, password Indosat dapat dilihat di http://www.indosat.com/Customer_Support/Customer_Support/Setting_GPRS_MMS_WAP_dan_BroadBand

      Semoga berhasil.

  7. Saya pakai LG KP500 (cookie), kok ga bisa connect ke LG PC suite nya ya?
    Tiap mao connect abis pilih tipe connection yang bluetooth atau USB, abis saya pilih USB kompi saya pasti langsung restart.
    Komp saya menggunakan Windows Vista. Ini bagaimana cara mengakalinya ya?
    Thanks before.

  8. saya pake lg ke770. pake connection wizard nya sudah berhasil status “KE770 is ready”. tapi tiap mau masuk tools(semuanya:backup,content,message,etc) selalu muncul peringatan “Fail to connect to the mobile handset, please check the COM port and connect in idle screen. Due to the multifunction, despite idle screen, it can be failed to connect.”sebabnya apa?apakah KE770 memang tidak bisa pake pc suite?tolong solusinya karena saya ingin backup semua message di hp.

  9. Mohon maaf untuk ketiga orang di atas yang bertanya.
    Saya bukan ahlinya soal itu dan tidak punya model2 tersebut untuk dicoba. Saya hanya menceritakan pengalaman waktu menginstall LG PC Suite untuk model KU380.🙂

  10. saya punya hp lg ku 380, pernah bisa jadi modem sewaktu os pc-nya windows XP, tetapi ketika berganti OS menjadi windows 7, gak bisa jadi modem … hanya dapat di instal pc suite di win 7 , knp ya ??? butuh bantuan

Tinggalkan Balasan

