Antivirus gratis

Antivirus apa yang paling bagus? Saya sudah pernah pakai A, B, dan C, bahkan terakhir pakai antivirus terbaru D 2009, kok virusnya masih lolos?

Pertanyaan semacam itu sering saya dapati. Banyak orang salah mengerti dengan virus dan antivirus. Banyak orang menganggap, dengan menginstal sebuah antivirus ‘ampuh’, masalah virus akan terselesaikan selamanya.

Secara sederhana, cara kerja antivirus adalah sebagai berikut:
Setiap antivirus mempunyai basis data pola virus. Saat melakukan pemindaian, baik secara manual maupun otomatis, antivirus membandingkan pola virus itu dengan file yang dipindai. Jika cocok, maka file tersebut dicurigai telah terinfeksi.

Virus baru selalu muncul setiap saat, baik virus yang benar-benar baru atau modifikasi dari virus yang sudah ada. Di sinilah pentingnya meng-update pola virus, supaya antivirus kenal dengan virus terbaru tersebut. Tidak ada antivirus ampuh tanpa pola virus yang up to date. Ingat, yang lebih krusial di-update adalah basis data pola virus, bukan sekedar versi program antivirusnya. Menggunakan antivirus versi terbaru tapi basis data pola virusnya tidak up to date adalah sia-sia. Memang, program antivirus juga perlu di-update untuk mengantisipasi teknik-teknik virus yang lebih canggih. Basis data pola virus ini dinamai bermacam-macam oleh produsen antivirus, ada yang menyebut virus definition, ada pula yang menyebutnya virus pattern.

Antivirus bajakan, sering menghadapi kendala update. Banyak antivirus (dan software lainnya) yang terkunci karena terdeteksi telah dibajak begitu dilakukan update.

Ada tiga antivirus gratis terkenal yang bisa digunakan oleh pengguna rumahan, yaitu AVAST Home, AVG Free dan Antivir Personal. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

AVAST Home merupakan antivirus yang paling lengkap di antara ketiganya. Di dalamnya terdapat antivirus, antispyware, dan antirootkit. Real-time scanner-nya (bagian dari antivirus yang selalu bekerja di latar belakang) juga memiliki modul email scanner, web scanner, network scanner, dan peer-to-peer/messenger scanner. Sangat lengkap memang, dan gratis🙂 Namun akibatnya kinerja komputer Anda akan melambat. Dibanding dua lainnya, AVAST Home terasa paling berat.

AVG Free merupakan antivirus yang sangat populer. Di dalamnya terdapat antivirus dan antispyware, serta Link Scanner. Link Scanner akan memberi tanda pada setiap link hasil pencarian di Google, Yahoo, dan sebagainya, apakah link tersebut aman atau tidak untuk dikunjungi. AVG Free juga lumayan ringan sehingga tidak terlalu menghambat kinerja komputer.

Antivir Personal merupakan yang paling ringan di antara ketiganya. Perfoma komputer bahkan seperti tidak terinstal antivirus. Antivir Personal mengandung antivirus dan antirootkit. Sayangnya, server update Antivir Personal cukup lambat, sehingga sedikit menghambat proses update.

Review lengkap dari masing-masing antivirus dapat Anda cari di internet. Pastikan membaca lebih dari satu review supaya lebih obyektif.

Ketiga antivirus tersebut dapat melakukan update otomatis jika komputer selalu terhubung internet. Jika tidak, Anda masih dapat mengunduh basis data pola virus di situs web masing-masing. Lakukan update setidaknya seminggu sekali supaya komputer Anda relatif terlindungi.

Ada juga antivirus lokal yang tidak terlalu gratis, PCMAV😆 . Antivirus ini terdapat pada CD/DVD bonus pembelian majalah PC Media. Dapat juga diunduh dari internet, tapi saya tidak tahu legalitasnya. PCMAV terkenal mujarab untuk virus-virus lokal yang mungkin saja lama sebelum masuk ke basis data pola virus antivirus internasional. Sangat ringan karena basis data virusnya sedikit. Dengan sedikit utak-atik dapat mengambil data virus ClamAV agar kemampuan pengenalan virusnya lebih bagus. O iya, ada juga ClamWin, antivirus gratis berbasis proyek ClamAV. Sayang ClamWin tidak mempunyai real-time scanner, jadi harus memindai virus secara manual.

Satu kekurangan yang nampak dari antivirus-antivirus gratis tersebut, yaitu kurangnya kemampuan membersihkan virus dari file sehingga file dapat digunakan lagi. Seringkali antivirus-antivirus itu tidak mau repot, langsung menghapus atau mengarantina file yang terinfeksi virus.

Satu hal lagi, antivirus gratis tersebut hanya boleh digunakan di rumah dan bukan untuk kegiatan bisnis. Penggunaan antivirus tersebut di kantor, sekolah, atau organisasi nirlaba sekalipun, dilarang.🙂

4 tanggapan untuk “Antivirus gratis”

  1. PCMAV boleh disebarkan asal kita sudah membeli bundled majalahnya.

    =========
    bootdir: termasuk naruh buat diunduh di internet? Trus yang ngunduh di internet harus beli majalahnya dulu nggak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s