Bahasa ketiga di WordPress.com

Bahasa Indonesia
bahasa ketiga

Laporan akhir tahun WordPress.com menunjukkan bahwa Bahasa Indonesia merupakan bahasa ketiga yang dipakai di WordPress.com. 66% blog di WP.com menggunakan Bahasa Inggris, 8% menggunakan Bahasa Spanyol, dan Bahasa Indonesia di urutan ketiga dengan 5%.

Cuma 5%? Lima persen dari 5,2 juta blog itu banyak๐Ÿ™‚ dan kita harus berbangga dengan itu. Ingat, Bahasa Spanyol itu tidak hanya digunakan oleh orang-orang di negara Spanyol, tapi juga Meksiko, negara-negara Amerika Tengah dan Amerika Selatan kecuali Brasil. Saya tidak tahu apakah jumlah penduduk Indonesia melebihi jumlah seluruh penduduk negara-negara Latin, tapi China dan India tidak nampak dalam daftar itu.

Lalu jumlah seluruh blog Indonesia berapa ya? Saya tidak tahu. Blog Indonesia tidak hanya di WordPress. Ada yang di blogger.com(blogspot), Multiply dan lain-lain. Ada pula yang pakai domain dan hosting sendiri. Ada pula yang postingnya copy-paste tapi tagnya hampir satu halaman sendiri yang tidak ada hubungannya dengan isi posting. Ups..kalau yang ini istilah Mpokb bukan blog yang dimaksudkan untuk dibaca manusia melainkan untuk konsumsi mesin pencari.๐Ÿ˜†

Jika blog Anda banyak menggunakan Bahasa Indonesia, coba cek apakah pengaturan bahasanya sudah menggunakan “Bahasa Indonesia”. Siapa tahu itu cara yang digunakan WP.com untuk menghitung statistiknya. Siapa tahu dengan begitu prosentasenya bisa bertambah.

Begitu penting Bahasa Indonesia sampai Israel pun merasa perlu membuat halaman web berbahasa Indonesia yang fasih.

8 tanggapan untuk “Bahasa ketiga di WordPress.com”

  1. wah mestinya ini ditulis di Detik.com atau Kompas.com nih…

    yang menarik adalah setahu saya persentase pemakai internet di Indonesia, jika dibandingkan dengan total jumlah penduduknya sebenarnya masih sangat kecil.

    Bayangkan jika sampai setengah penduduk Indonesia melek internet…bisa berapa banyak tuh blog berbahasa Indonesia….

  2. Kalo aku bikin account lebih suka pilihan aslinya yang di Bahasa Inggris. Pokoknya aku lebih suka pake bahasa asli deh. Bukan karna sok gaya, tapi kadang ada kata2 yang gak aps diterjemahin ke dalam Bahasa Indonesia. Kalo isi account sendiri diisi pake bahasa gado2 bolehlah, Eng-Ind.

  3. negara kayak india mungkin gak ada, karena bloggernya pake bahasa inggris yak? sebetulnya yg lebih penting bukan hanya persentasi, tapi ketersebaran juga.. btw, soal blog untuk dibaca mesin itu, saya taunya setelah denger ceramah paman gombal๐Ÿ˜€ *sungkem paman*

  4. @suryo:
    Betul, itu yang cukup mencengangkan. Prosentase pemakai internet kita katanya rendah.

    @wina:
    Justru itu, pengembang perangkat lunak (dan produsen lain) sangat peduli pada penyerapan pasar. Semakin banyak yang memakai, semakin mereka memberi perhatian, bahkan mungkin akan menyewa orang Indonesia untuk menerjemahkannya. Mungkin karena memang sudah terbiasa, tetapi menurut saya penerjemahan Bahasa Indonesia software dan HP semakin lama semakin baik.

    @mpokb:
    Betul mpok, tapi bagi para produsen yang penting ukuran, ‘size does matter’. Dan mereka cuma tau Indonesia itu satu entitas.๐Ÿ™‚

    Melalui tulisan ini saya hanya ingin menunjukkan bahwa bahasa merupakan salah satu identitas sebuah bangsa, dan (bahasa) Indonesia bisa mendapat tempat di peta percaturan dunia (maya).

  5. Salam kenal, Mas.
    Saya appreciate sekali dengan isi Mas yang asli.
    Btw, thanks telah mengingatkan kita agar kembali ke ‘kodrat’ WordPress.
    Share and expose ur opinion for benefit more people.

  6. Hmm… cuman kok WP indonesia yang berkunjung juga kebanyakan orang Indo juga ya??
    Trus kapan internasionalisasinya ??

    sy juga pakai Indonesia ding

    1. @ech:
      Duh… Saya bingung, itu pujian atau sindiran ya?๐Ÿ™‚

      @amaduq01:
      Memang kenyataannya begitu. Meskipun sudah ada Google Translate tetap sampai sekarang masih belum dapat menerjemahkan dengan pas. Kalo orang Inggris / Amerika bisa membuat orang lain belajar bahasa mereka, bisa nggak ya kita buat orang lain belajar bahasa kita?๐Ÿ™‚
      Kawan saya orang Amerika pernah bilang, Bahasa Indonesia itu mudah, kesulitan dia pada pengucapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s