Cara Memuat Ulang Peramban

Bagi Anda yang tidak dapat berbahasa Indonesia dengan baik, maksud judulnya adalah ‘Cara me-refresh/reload browser’.🙂 Maaf jika tulisan berikut agak teknis.

Dua peramban jagoan, Firefox dan Chrome mempunyai masalah dengan proxy ruangan saya. Mereka malas memuat ulang halaman yang telah dikunjungi. Akibatnya jika saya masuk ke WP.com, halaman Dasbor akan menampilkan halaman kemarin. Walau berkali-kali mencet tombol ‘Reload’ tetap saja bebal. Demikian pula jika saya ‘blogwalking’, komen saya sering tidak muncul, seolah-olah gagal padahal sebenarnya sudah masuk. Ini tidak terjadi pada komputer lain yang terhubung langsung dengan proxy kantor. Demikian pula jika memakai IE dan Opera, masih bisa dipaksa refresh.

Kemarin waktu baca-baca buku tentang AJAX teringat sebuah trik kuno. Salah satu sebab mengapa method GET masih digunakan karena dapat memaksa browser, proxy atau server untuk refresh. Sistem cache mereka berdasarkan URL. Jika URL berubah maka akan dianggap sebagai halaman lain.

Dari pengalaman, menambahkan tanda ‘#’ tidak bermanfaat, maka kita harus menambahkan variabel ke URL. Ada yang menggunakan cara ini untuk membobol website, jadi berhati-hatilah, siapa tahu Anda beruntung.🙂

Misalkan saya akan me-refresh https://bootdir.wordpress.com/, maka saya tambahkan variabel ke belakangnya dengan nilai sembarang. Sehingga URL menjadi https://bootdir.wordpress.com/?a=jnfbgb. Setiap kali ingin me-refresh nilai a saya ubah. Repot memang, tapi gimana lagi? Pemilihan variabel harus hati-hati supaya tidak salah masuk🙂 . Untuk wordpress misalnya, ‘s’ sudah terpakai.

Untuk mengurangi kerepotan, saya membuat sebuah halaman html di desktop yang saya beri script:
<script language=”JavaScript”>
<!–
window.location=”https://bootdir.wordpress.com/?a=”+Math.random();
//–>
</script>
Sehingga untuk melihat halaman tersebut tinggal klik file. Saya sedang memodifikasinya supaya lebih nyaman digunakan untuk membuka website lain.

Sedangkan untuk membuka Dasbor Wp.com, saya gunakan https. Situs-situs yang diakses dengan https juga tidak di-cache, meskipun aksesnya jadi lebih lambat.

Anda punya solusi lebih mudah?

12 tanggapan untuk “Cara Memuat Ulang Peramban”

  1. biasanya reload pake F5. (tidak pakai tombol reload, karena jarang pakai mouse).

    kalo bandel, reload pake SHIFT + F5.
    kalo gagal reload lagi (sebenarnya tidak pernah gagal sih) pake CTRL + F5..

    tapi ada kemungkinan karena settingan di proxy server ditempatmu yang menghalangi proses reload?

    kalo mau reload terus-terusan dengan interval tertentu, pake add-in “reload-every”-nya firefox, https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/115

    (biasanya kupakai untuk reload kontinyu sebuah halaman game berbasis browser, add-in ini bisa mem-bypass konfirmasi submit ulang halaman)😉

  2. maafkan kebodohan saya, yang biasa saya pakai untuk reload ternyata adalah CTRL + F5……
    SHIFT + F5 ternyata tidak melakukan apa2 di browser🙂

  3. “Ctrl+F5” tidak berhasil.
    Memang konfigurasinya agak aneh. Proxy ‘ruangan’-ku berfungsi sebagai firewall agar komputer di ruangan tidak diakses jaringan internal. Proxy ini berhubungan dengan proxy ‘kantor’. Komputer yang langsung terhubung dengan proxy ‘kantor’ tidak bermasalah. Masalahnya komputerku termasuk yang harus lewat proxy ‘ruangan’ sebelum konek ke proxy ‘kantor’.

    1. @Dedi:
      Proxy ruanganku adalah sebuah komputer pentium II tanpa keyboard, mouse dan monitor. OSnya win98, dipasangi WinRoute. Sepertinya WinRoute versi yang sudah lama sekali. Orang yang tau sejarahnya sudah pensiun tanpa meninggalkan dokumentasi🙂

  4. Saran Alternatif:

    1. ganti linux wae. sekarang gampang banyak yang live CD/disket aja. Di kantorku pake coyote atau bisa juga pake puppy linux. configurasinya gampang. Untuk itu, dikau bisa coba2 gotong2 keyboard dan monitor ke sana (coyote pake text mode).

    2. Tetap gotong2 keyboard dan monitor serta mouse.. coba lihat2 setting cachenya.

    1. @Dedi:
      Semangat amat, langsung 3 komen. Thx Bro, I’ll try.
      Benar sekali, ujung-ujungnya aku yang kena getahnya🙂
      Btw hati2.. Kang Memet Akismet bisa menganggap komenmu spam.
      Jadi susah ga bisa komen kemana2 pake ID emailmu. Terbebas dari blacklist Akismet juga ga mudah.

  5. ups sorry, user passwordnya juga mungkin sudah tidak ada ya? kalo begitu pake cara pertama aja. Karena cepat atau lambat orang yang ada adalah orang yang bertanggungjawab atas segala kemungkinan kejadian pada server. daripada nunggu terjadi sesuatu, mending coba2 sekarang, sekalian belajar. Try coyote.

  6. hohoho….anak2 ikomp muncul semua tapi aku kok eneg ya jika melihat sesuatu yang berhubungan dengan komputer, mungkin calon dedekku yang sekarang ini akan berbeda dengan bapak-ibunya🙂 tapi yang jelas banget sih aku males kerja dan berlama2 didepan komputer🙂

  7. hohoho…..iya ya tapi boleh dimaklumi kan Bud, soale kata orang nih ya kalo ibu hamil kadang-kadang jadi agak bolot dari biasanya🙂 makanya kalo ngobrol suka gak nyambung🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s