Jam berapa harus sekolah?

Beberapa waktu lalu ada ide untuk mengatur jam kerja dalam rangka mengurangi kemacetan di Jakarta. Untuk Jakarta Pusat dan Jakarta Utara masuk pukul 07.30, Jakarta Barat dan Timur 08.00, Jakarta Selatan 09.00, dan sekolah pukul 06.30.

Mengapa jam masuk dan pulang kerja harus diatur?

Kemacetan terjadi terutama pada jam-jam masuk dan pulang kerja. Pengaturan diperlukan agar orang tidak bersamaan berada di jalan, untuk masuk atau pulang kerja.

Mengapa Jakarta Utara dan Jakarta Pusat harus masuk lebih pagi?

Jakarta Utara dan Jakarta Pusat dapat dikatakan merupakan titik terjauh, bila dihitung dari kawasan Bodetabek. Sebagian besar pekerja di Jakarta tinggal di Bodetabek. Pergerakan merekalah yang berperan dalam kemacetan Jakarta.

Titik terjauh? Bukankah seharusnya paling siang?

Ya. Logika yang digunakan adalah sistem stack. Orang-orang yang di Jakarta Utara dan Pusat harus masuk lebih dulu. Setelah itu diikuti oleh wilayah lain. Jika mereka (pekerja Jakarta Utara/Pusat) masuk belakangan, perjalanan mereka akan terganggu oleh orang yang bekerja di wilayah lain. Hal inilah yang dipandang sebagai sumber kemacetan. Namun sesungguhnya jika konsisten menggunakan logika ini, orang-orang di Jakarta Selatan pulang lebih dulu, diikuti Jakarta Barat/Timur, baru Jakarta Pusat dan Utara. Maka ini akan menimbulkan ketidakadilan.

macet
Bagaimana dengan anak sekolah?

Saya berbeda pendapat soal anak sekolah. Mereka mempunyai andil juga dalam kemacetan. Ini terbukti saat liburan sekolah, jalan-jalan lebih lengang. Sebagian mereka menggunakan angkutan umum, sebagian menggunakan kendaraan sendiri, dan sebagian diantar orang tuanya. Untuk yang menggunakan angkutan umum dan kendaraan sendiri, tentu akan mengurangi kemacetan jika mereka dijadwal masuk lebih pagi. Namun bagaimana dengan yang diantar? Jumlah mereka tidak sedikit. Pun dengan alasan kualitas atau gengsi, seringkali mereka bersekolah di tempat yang jauh dari tempat tinggal dan kantor orang tua. Dengan sekolah masuk lebih pagi, banyak orang tua harus keluar rumah lebih pagi, mengantar anaknya ke sekolah, lalu entah kemana atau langsung menuju kantor, yang jelas saya pikir sangat sedikit yang pulang dulu ke rumah. Hal ini tentunya akan merusak sistem penjadwalan yang direncanakan.

7 tanggapan untuk “Jam berapa harus sekolah?”

  1. Gambarnya nyaplok dari sumber laen ato gambar sendiri?
    Aku jadi kepikiran niy suatu saat anakku (dengan asumsi tinggal di Jakarta) kasian kalo kudu berangkat pagi2. Emaknya jadi ikutan lebih pagi kalo nganter sekolah.

  2. @Dedi:
    Double degree ga ada Ded? Tmnku ada yg kuliah di UGM dg double degree AIT Thailand.

    @wina:
    Gambar sendiri lah. Kan ga nulis sumbernya.🙂
    Apalagi kalo ortunya ngantukan😆

  3. Syukurlah Bud, finally aku akan pindah sehingga tidak akan merasakan menjadi orang tua di Jakarta yang harus mengantarkan anak sekolah jauh-jauh. Dan akan mengurang 1 sumber kemacetan lagi🙂

  4. huahahaha…..ntar aja deh tunggu tanggal mainnya, yang penting kamu dah taukan🙂 i’m so exciting now🙂 can’t wait to move somewhere out there🙂

  5. aduh aku jadi berpikir untuk ga kerja aja setelah jadi orangtua nanti *halah* biar bisa konsen nyiapin sekolah anak di pagi hari.

    oh sungguh mulia bukan, niat baikku ini? *padune males golek gawean*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s