Puing-puing berstandar internasional

Besok, tanggal 5 Juli 2008, PON XVII akan resmi dibuka. PON rencananya akan dilangsungkan sampai tanggal 17 Juli 2008. Kalimantan Timur yang kali ini ketiban sial menjadi tuan rumahnya.

Berbagai fasilitas telah dibangun di sana. Seorang teman yang terlibat, entah sebagai apa, membagikan foto-fotonya di sini. Namun saya malah teringat dengan Kompleks Gelora Sriwijaya Jakabaring di Sumatera Selatan. Kompleks itu digunakan untuk PON sebelumnya di tahun 2004.

Ketika saya kunjungi kompleks itu tahun lalu, saya seperti sedang ikut tur sejarah mengelilingi kota tua Jakarta. Semua kisah tentang gedung dan tempat selalu diawali kata “Dulu..”. “Dulu ini tempat pembukaan…” “Dulu ini tempat menginap atlet…”

Kompleks Jakabaring memang agak jauh dari pusat Kota Palembang. Ia berada di seberang Ulu, sementara Kota Palembang berkembang di seberang Ilir. Maksudnya mungkin untuk mengembangkan sisi Ulu, tapi karena jauh dari ‘peradaban’, jarang sekali masyarakat Palembang yang pergi ke sana.

Semoga venue-venue yang dibangun di Kalimantan Timur kali ini dapat dimanfaatkan setelah PON selesai. Tidak bernasib seperti lampu ribuan watt yang dipasang di Alun-alun Utara Yogyakarta pada waktu MTQ Nasional. Yang hanya dipakai sekali, lalu dibiarkan sampai ada yang menyelamatkannya ke pasar loak. Dana yang dipakai sangat besar, apalagi kalo dibagikan secara BLT sehingga kemanfaatan bagi masyarakat harus besar pula.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s