Picture Blogging

Beberapa hari lalu saya menambahkan kategori “Picture Blogging” dalam blog ini. Picture Blogging atau Photo Blogging merupakan genre baru blog. Dalam model ini, gambar atau foto yang lebih diutamakan daripada tulisan. Jadi kalo posting saya berkategori itu, ga usah dicari tulisannya. Mungkin kalo ada cuma sedikit. Picture/Photo Blogging ini populer sejalan dengan Mobile Blogging. Beberapa gadget memiliki kemampuan untuk mengirim tulisan ke blog. Mungkin karena thumbing itu melelahkan, sekalipun keyboard QWERTY, maka tulisan yang dikirim melalui gadget sedikit. Sehingga posting yang menyertakan gambar itu seolah menonjolkan gambarnya saja. Mungkin itulah sejarah picture/photo blogging.

Bagi saya model begini banyak manfaat. Mungkin lagi ga ada ide nulis tapi pengin update.  Mungkin lagi sibuk mengurus Negara keliling Indonesia dan dapat gambar-gambar bagus dari pelosok tanah air. Mungkin pula saya dapat gambar baru, tapi cerita tentang itu sudah pernah saya posting.

Kemarin saya sudah mencoba picture blogging lewat HP ke blogger.com, karena setau saya sampai saat ini WP.com belum bisa. Lumayan asyik. Nanti kalau sudah bisa posting reguler akan saya sertakan di blogroll.

Anda ingin mencoba? Atau telah melakukannya?

9 tanggapan untuk “Picture Blogging”

  1. Iya mas.. aku juga lagi seneng maen-maen mobile blogging. sayangnya cuma bisa ke blogger. makanya kemaren aku bikin blog baru di blogger. eh tapi kok gambar yang ta kirim nyasarnya ke akun laen ya?? semacem uda ditentuin gitu ama blogger-soner-nya dari hape ini larinya ke blog mana. ga bisa ke blog baruku ituh (apalagi ke blog yang di WP). Bisa disinkronin ga siy?? kalo mas bisa kasi tau aku yah.. tengkyu…

  2. oh ya… dalam rangka posting keseratus blogku, aku mo bilang terima kasih ke mas, karena uda ngajak aku ngeblog “beneran” di wordpress.

    Makasyiiiiiiii……..

  3. @emyou:
    Emang pertama kali dikirim dari HP, akan dibuatin akun random secara otomatis. Kalo aku, begitu berhasil posting pertama kali dapat sms dari blogger.com berisi URL dan claim token.

    Nah, kalo udah diklaim di situsnya, kita bisa set mau tetep pake nama random itu, bikin baru atau dimasukkan akun lain yang pernah dibuat. Ada kok di setting > publishing.

    Soal teknologi Blogger.com emang lebih maju. Tapi aku merasa lebih nyaman di WP. Dashboardnya komplit.

    Hehe.. provokatornya malah tersalip ni, baik jumlah posting, komentar maupun pengunjungnya. Ikut seneng deh kalo provokasinya bermanfaat. Seneng punya temen seleb…

    *minta tanda tangan*

  4. Om Bootdir,

    sejuta kata terucap dengan gambar🙂

    sejak beberapa bulan yang lalu juga aku teracuni ‘taking picture’ belum di-blog-kan sih, tapi jadi tertarik dengan data teknis pengambilan gambar yang tersimpan di file (EXIF data)..

    dan untunglah data itu masih ada di photo2-mu, dengan membaca data itu aku jadi merasa berada ditempat pengambilan foto dan merasakan suasananya (aneh ya hehehe)

  5. @weathertop:
    Dasar programmer, menikmati seni pake kode digital. Aku juga suka liat data itu, maka sebisa mungkin aku pertahankan meskipun udah diubah ukurannya dengan software lain. Dan data itulah yang ‘menghidupi’ Mas Roy🙂

    Katanya ada EXIF yang dilengkapi koordinat GPS segala. Bener-bener “capturing moment, time and place”.

    Atau kamu sudah sampai taraf berimajinasi dengan Focus Length, Exposure dan Aperture?

  6. hi Bud, mas weathertop itu lagi gila foto2, walaupun belum ada waktu untuk hunting foto🙂 jadilah aku dan sikecil korban eksperimen foto si bapak satu itu🙂
    wah picture blogging ya, sepertinya menarik ya, bagus juga tuh tak perlu berkata2 cukup dengan foto saja🙂
    eniwei aku senang melihat ada diblogrollmu dengan nama yang sangat unik (the moon and the sun)🙂
    salam buat mbak kanthi dan calon ponakanku ya🙂 kapan2 kumpul2 lagi yuks?

  7. @nirwasita:
    Emang foto2 itu bikin keranjingan. Kalo aku, karena ga bisa menggambar, kompensasinya ke foto. Apalagi sekarang, gampang dan relatif murah.

    Namamu malah lebih eksotis, nirwasita / wistara. Artinya apa?🙂

    Iya kapan2 ngumpul lagi. Istriku sering gemes kalo ingat Radit.

  8. radit kemaren abis operasi adenoid bud🙂 nanti deh aku mau release newsnya di blogku🙂
    nirwasita : bijaksana , wistara : jelas dan pandai
    itu gara2 keranjingan bahasa sansekerta waktu nyari nama buat radit🙂
    tau ga kemaren si radit ke dokter sendirian lho padahal kami kira dia bakal trauma ke dokter pasca operasi eh malahan masuk ruang periksa dokter sendirian, begitu bapaknya masuk ruang periksa dia sudah duduk di kursi pasien dengan tenang dan sudah selesai diperiksa🙂 sampe semua perawat di rumah sakit itu kenal ama dia🙂

  9. @om bootdir

    yup sedang takjub dengan apa yang bisa dilakukan kalau kita main dengan aperture dan exposure🙂

    iya tuh ada modul2 GPS untuk menambah info EXIF🙂

Tinggalkan Balasan

