Perwakilan Tuhan TNI di muka bumi Jatinegara

Perwakilan TNI Jatinegara

Kreativitas PT Kereta Api Indonesia, khususnya Daop VI Yogyakarta, telah membuat saya terlantar. Kereta Fajar jurusan Yogya yang seharusnya berangkat jam 06.30 tertunda karena rangkaian Kereta Senja Yogya baru sampai sekitar Cirebon. Kereta Fajar adalah nama alias dari Kereta Senja. Dari Yogya kereta itu bernama Senja, begitu tiba di Jakarta pada keesokan harinya, dia bernama Fajar untuk berangkat kembali ke Yogya pada pagi itu juga. Demikian juga jalur sebaliknya. Dapat dimengerti betapa lelahnya sang kereta, yang membuat dia kadang mogok atau keluar rel.

Pagi itu Kereta Fajar terlambat 4,5 jam. Malam sebelumnya ada kereta anjlok di dekat Purwokerto. Keterlambatan Fajar / Senja Yogya adalah yang paling sulit dipulihkan. Keadaan akan berbeda jika Kereta Fajar merupakan kereta tersendiri. Meskipun Senja Yogya terlambat Kereta Fajar bisa tetap berjalan sesuai jadwal.

Tapi jangankan kereta api, pesawat terbangpun seperti itu. Maka jadwal penerbangan yang paling kecil kemungkinannya ditunda adalah yang paling pagi karena pesawat sudah stand by. Jadwal yang lebih siang harus menunggu pesawat dari kota lain.

Eh, apa itu? Saya melihat sebuah loket bertuliskan ‘Perwakilan TNI’ di dalam Stasiun Jatinegara. Sesuatu yang terlewat meskipun sudah belasan kali saya lewat. Rupanya saya telah meremehkan stasiun ini. Bagaimana tidak? TNI saja membuka kedutaan besar di sini. Adakah yang tahu apa fungsinya? Tak ada seorang pun di sana untuk saya tanyai meskipun sudah lewat jam buka. Polsuska saya tahu, tapi yang ini? Loket tiket khusus TNI? Kok di dalam? Atau pos penjagaan? Atau ada hubungannya dengan sekelompok orang berambut cepak berbadan tegak yang sering saya lihat tidur beralas koran di antara gerbong dan tempat duduk penumpang?

Satu tanggapan untuk “Perwakilan Tuhan TNI di muka bumi Jatinegara”

  1. aku yo gak ngerti bos. Tulisan cilik neng ngisore tulisan Perwakilan TNI iku wacane opo?

    ——————–
    Buka Jam 06.00
    Tutup Jam

    gitu bos…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s