Salah terjemahan

Sebenarnya sudah sejak beberapa waktu saya perhatikan dan saya harap ada perubahan, tetapi sepertinya sampai sekarang belum. Pernahkah Anda perhatikan bahwa ada yang salah di halaman Google Indonesia?

Entah kapan saya menemukannya, yang jelas di suatu saat saya yang sedang iseng menjelajah halaman Google dengan mengklik seluruh link-nya. Di situlah saya menemukan kejanggalan di link bernama ‘Acuan‘. Kenapa? Karena link ini menuju sebuah halaman yang berisi pilihan-pilihan kesukaan kita (alias ‘preference‘). Wah ternyata penerjemah Google tidak bisa membedakan antara ‘preference‘ dan ‘reference‘, dimana kata terakhir memang boleh diterjemahkan ‘acuan‘. Memang cuma beda ‘p‘ doang tetapi artinya jauh berbeda.

Salah terjemahan juga terjadi di WordPress. Di dashboard bagian pengelolaan tulisan, di kolom yang menunjukkan waktu tulisan sering muncul kata ‘adalah‘. Ternyata hal ini terjadi karena salah penerjemahan kata ‘am‘ yang merupakan lawan dari kata ‘pm‘ tetapi diterjemahkan seperti kata ‘am‘ pada ‘I am a man‘.

Contoh dalam kasus di atas memang tidak fatal tetapi kesalahan semacam ini sering saya jumpai dan mengganggu (saya). Bagi saya lebih baik menggunakan kata asli non terjemahan, jika kata terjemahan bisa membingungkan.

2 tanggapan untuk “Salah terjemahan”

  1. mungkin karena yg nerjemahkan mesin, bukan manusia. seperti program2 terjemahan itu. tetap harus diedit, kalo nggak hasilnya malah aneh lho..

  2. Dari seseorang yang tidak mau disebut namanya, telah mengirim email sebagai berikut:

    Tadinya kita pakai preferensi, mas, tapi janggal. Apalagi ‘pilihan’. Pilihan apa? Lagi-lagi akan dikritik karena kesannya ‘nggantung’.

    Setelah bersemedi dan ditilik sampai jungkir balik, toh balik juga bahwa ‘preference’ itu dipakai sebagai ‘acuan’ oleh sistem Google untuk menyajikan apa yang kita mau, karena itu kami memakai kata ‘acuan’.

    [ripped]

    Jadi begitu, kami usahakan agar tidak ‘lurus’ terjemahannya, melainkan mendekati konteks. Semoga jelas, Mas.

    Silahkan kalau ada masukan yang lain buat tim penerjemah, bisa saya sampaikan (saya sudah tidak menerjemahkan lagi)

Tinggalkan Balasan

