Blog, sebuah front pertempuran baru..

Ketika saya memasuki dunia blog beberapa bulan lalu, yang terbayang dalam pikiran saya adalah sebuah dunia maya yang damai, yang didalamnya penuh dengan orang yang saling membantu dan menyumbangkan pengetahuan, ide dan pemikiran agar menjadi manfaat bagi yang lain. Kurang lebih demikian maksud saya ‘mendirikan’ blog ini. Alasannya sebenarnya lebih personal, yaitu ketika saya mendapat suatu ‘masalah’, saya sering merasa bahwa saya pernah punya solusinya. Berhari-hari saya akan mencari pemecahan suatu masalah yang pernah saya pecahkan atau lebih buruk lagi saya tidak berusaha memecahkan tetapi lalu sibuk mencari dimana saya ‘meletakkan’ solusinya. Muncul ide untuk mencatatnya, tapi saya pengarsip yang buruk.

Blog, saya lihat sebagai alat yang baik. Tanpa repot, blog memberi cara pengarsipan yang teratur dan bisa dicari di mesin pencari. Ditambah lagi dengan kemungkinan untuk membantu orang yang bermasalah sama. Dan bermacam hal lain seperti yang disebut MpokB. Namun saya berketetapan untuk menjadikan blog sebagai ‘ruang ego’, yaitu tempat menuliskan pikiran, pendapat, pengalaman dan lain-lain yang semua mengandung unsur ‘saya’.

Adalah ajakan untuk ‘membudayakan komentar’ dan disusul dengan ajakan ‘jangan berkomentar di blog seleb’ yang membuat saya mulai memperhatikan tingkah laku tetangga blog. Waktu itu belum mengerti yang namanya ‘Blog Seleb’ (atau ‘Seleb Blog’?). Tetapi ketika posting saya yang berjudul populer membuat blog saya ini menjadi ‘Fastest Growing Blog’ alias ‘Blog WordPress.com Yang Tumbuh Cepat’ selama beberapa menit, saya mulai mengerti. Kenikmatan popularitas yang sempat saya jilat memang menggiurkan. Tidak seperti Rudy (mengaku) yang sudah tidak peduli komentar, sebagai blogger pemula saya rindu dikomentari dan kecanduan melihat grafik pengunjung. Dan bertengger di ‘Blog WordPress.com Nge-Top hari ini’ adalah dambaan. Betapa tidak? Daftar ini disodorkan ke muka para blogger wordpress.com saat membuka dashboard-nya (semacam control panel). Juga dapat dilihat oleh khalayak ramai di halaman muka WP.Com. Bahkan secara provokatif membuat ranking, yang muncul ketika Anda mengarahkan pointer ke atas link-link tersebut.

Perebutan tahta pun tak terhindar. Dan blogger pun lalu membuat judul-judul posting sensasional untuk meraih perhatian orang, cara yang secara ‘tidak sengaja’ pernah saya rasakan manfaatnya. Membuat blog dengan posting-posting ‘aneh’ atau berseteru dengan ‘seleb blog’ pun bisa dilakukan untuk mendongkrak pengunjung. Atau Anda rajin berkomentar seperti si tukang komentar. Dan cara lainnya adalah membuat posting seperti ini, punya banyak link kesana kemari agar yang Anda link nengok ke blog Anda..

6 tanggapan untuk “Blog, sebuah front pertempuran baru..”

  1. Dunia blog dekat dengan dunia pertempuran karena seperti disebutkan diatas, merupakan ruang ego, dan dengan mudah berbenturan dengan ego yang lain..

    tapi sejarah manusia memang penuh pertempuran, dan kelihatannya memang pertempuran yang membawa manusia ke kemajuan yang pesat..

    Blog saya: Pikiran, Ucapan, dan Tindakan Saya (mungkin terdengar tidak asing?)

  2. tidak semua orang pandai menyuarakan pendapat secara lisan. buat menuangkan uneg2 dan belajar mengungkapkan pikiran, blog adalah sarana yg tepat. dari blog lain juga saya banyak dapat info. soal keinginan untuk dikomentari, tergantung komentarnya juga kali yak. sebenarnya sama saja dengan dunia nyata. kita bisa setuju atau tidak setuju dengan lawan bicara, tapi bukan berarti wajib berkomentar, hehe..

  3. Medan pertempuran… hehe ati-ati loh. Nanti sebentar lagi blog dialokasikan sebagai DOM.
    Kalau itu terjadi, bahaya banget. Masa sih kita harus manggil perdana menteri negara laen untuk mendamaikan dunia blog.

    Hehehe.

  4. sebetulnya punya saya itu g ada tendensi ataupun niat supaya blog saya jadi terkenal/hits naik de es be, yah.. cuma pengen posting aja, dan secara g sengaja dan kebetulan tema nya memang lagi benar2 hot waktu itu, sampai sampai hits artikel itu menembus angka 2000 (dua ribu) hits.. aje gile..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s